CONTOH LAPORAN BISNIS

Posted by on Jan 18, 2013 in Artikel | 0 comments

CONTOH LAPORAN BISNIS

CONTOH LAPORAN BISNIS

CONTOH LAPORAN BISNIS

CONTOH LAPORAN BISNIS

Bagi anda yang saat ini sudah bekerja, kadang memang membutuhkan sesuatu yang bernama contoh laporan bisnis untuk di laporkan kepada bos. Laporan bisnis ini sendiri memiliki pengertian sebagai suatu laporan yang sifatnya netral, tidak ada saling pihak memihak, dan juga memiliki tujuan utama yang jelas serta menyajikan fakta kepada bos atau rekan bisnis anda. Laporan bisnis ini biasanya diminta oleh mereka yang mempunyai jabatan lebih tinggi untuk tujuan tertentu. Hal ini tentunya harus di mengerti oleh setiap pegawai karena suatu saat kita pastinya akan di perintahkan untuk membuat laporan bisnis ini untuk melihat bagaimana perkembangan bisnis yang kita miliki. Oleh karena itu berikut adalah contoh laporan bisnis yang bisa diikuti.

Sebelumnya, mari kita pelajari sedikit soal contoh laporan bisnis. Tujuan utama dari di buatnya contoh laporan bisnis adalah untuk bisa mengendalikan operasional yang terjadi di perusahaan. Selain itu juga dipakai untuk membantu dalam pengaplikasian kebijakan dan juga prosedur yang sudah di tetapkan dari awal oleh perusahaan. Contoh laporan bisnis ini juga bisa digunakan untuk memenuhi berbagai macam persyaratan hukum dan juga peraturan yang berlaku untuk perusahaan. Contoh laporan bisnis juga kadang di gunakan sebagai dokumentasi atas prestasi kerja yang diperlukan untuk keperluan internal atau eksternal.

Berikut adalah penggolongan dari contoh laporan bisnis. Menurut fungsinya, ada yang disebut dengan laporan triwulan, laporan sementara, dan juga laporan pengembangan. Laporan-laporan ini digunakan untuk memberikan informasi dan juga fakta atau kesimpulan. Menurut subjeknya, contoh laporan bisnis adalah laporan pengumpulan kredit, laporan akuntansi, atau laporan asuransi. Jika digolongkan menurut keasliannya maka contoh laporan bisnis adalah laporan swasta, laporan public, laporan otoritas, dan juga laporan sukarela, dan masih banyak penggolongan contoh laporan bisnis lainnya. Berikut adalah hal yang perlu diperhatiakan dalam membuat contoh laporan bisnis.

Hal yang pertama adalah dengan menyertakan pendahuluan. Pada contoh laporan bisnis pendahuluan yang dimaksud adalah berisi tentang point-point seperti pemberi kuasa, layout presentasi, masalah, maksud, ruang lingkup, metodologi, sumber-sumber yang ada, latar belakang, definisi istilah, keterbatasan, dan juga rekomendasi. Pada bagian kedua adalah bagian teks yaitu berisi bagian yang menguraikan soal laporan dan juga membahas banyak macam hal dengan lengkap dan rinci tanpa ada yang tertinggal sedikit pun. Setelah itu bisa diberikan penutup yang berisikan soal rangkuman, kesimpulan, rekomendasi, rencana tindakan, dan juga proposisi. Hal tersebut adalah bagian-bagian dari contoh laporan bisnis yang harus ada dan tidak boleh dihilangkan karena hal yang disebutkan diatas adalah hal yang paling penting untuk sebuah contoh laporan bisnis yang nantinya akan digunakan untuk melaporkan berbagai macam hal.

Selain itu, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyusun contoh laporan bisnis. Anda bisa melakukan cara deduktif yang berisikan pendahuluan terlebih dahulu lalu diikuti bagian penutup, baru teks pembahasan. Atau anda juga bisa melakukannya dengan cara induktif sesuai dengan apa yang sudah diterangkan sebelumnya. Hal ini tentu saja terserah dengan bagaimana anda ingin mengatur cantoh laporan bisnis tersebut agar lebih mudah dipahami.

Leave a Reply


7 + 5 =