FACEBOOK DIPERKARAKAN OLEH PROGRAMMER YANG SUDAH WAFAT

Posted by on Feb 17, 2013 in Artikel | 0 comments

FACEBOOK DIPERKARAKAN OLEH PROGRAMMER YANG SUDAH WAFAT

FACEBOOK WAFAT

FACEBOOK WAFAT

Salah satu sistem social network yang sudah terkenal di dunia yaitu Facebook, ternyata mempunyai rekam jejak berhubungan dengan kasus hukum. Bahkan pada saat awal pendirian dari sistem social network facebook sudah berhubungan dengan kasus hukum, seperti yang dikisahkan dalam film ‘The Social Network;. Film yang menceritakan tentang pendirian jejaring sosial facebook tersebut. Tetapi ada kasus terbaru yang sedang dihadapi oleh facebook, dan kasus ini terlihat cukup aneh, karena perusahaan ini digugat oleh programmer yang sudah terlebih dahulu wafat.

Dilansir dari ReadWrite, Facebook telah mendapatkan gugatan hukum dari programmer asal Belanda yang bernama Joannes Jozef Everadus Van der Meer, yang ternyata sudah meninggal sejak 2004. Tetapi dengan gugatan ini, tentunya Facebook tidak digugat oleh hantu, tetapi digugat oleh perusahaan yang bernama Rembrandt Social Media yang mempunyai hak paten dan bertindak atas nama Van Der Meer.

Van der Meer mempunyai dua hak paten software di AS, dan menurut pengacaranya, sudah dilanggar oleh Facebook. Paten tersebut adalah paten No. 6,415,316 (Method and apparatus for implementing a web page diary) dan No. 6,289,362 (System and method for generating, transferring and using an annotated universal address).

FACEBOOK DIPERKARAKAN OLEH PROGRAMMER YANG SUDAH WAFAT

Ada dua paten yang  pertama yang sudah dilanggar yaitu paten yang telah dilanggar oleh fitur timeline di Facebook dan paten kedua adalah paten yang telah dilanggar oleh tombol like. Dengan adanya gugatan tersebut, Facebook terlihat belum mau menanggapinya secara serius. Tetapi dengan adanya gugatan yang terlihat serius ini. Facebook terlihat sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Rembrandt Social Media juga terlihat serius untuk dapat memenangkan gugatan ini, dan mereka juga telah menunjuk firma pengacara Fish & Richardson, yang terkenal sudah banyak menangani kasus yang serupa, dan dibidang hak kekayaan intelektual, Klien Fish& Richardson yang sebelumnya sudah termasuk Alexander Graham Bell, Thomas Edison dan Wright bersaudara. Gugatan ini terlihat masih belum dapat diketahui tujuannya, tetapi dengan banyaknya kasus kekayaan intelektual akan dapat menjadi salah satu pertarungan dalam gugatan pelanggaran intelektual yang ada.

Leave a Reply


+ 2 = 5