PELUANG BISNIS KERAJINAN DI SURABAYA

Posted by on Feb 4, 2013 in Artikel | 0 comments

PELUANG BISNIS KERAJINAN DI SURABAYA

PELUANG BISNIS KERAJINAN DI SURABAYA

PELUANG BISNIS KERAJINAN DI SURABAYA

PELUANG BISNIS KERAJINAN DI SURABAYA

Kota pahlawan yang satu ini rupanya tidak hanya menawarkan potensi wisata sejarah revolusi saja. Surabaya seperti kita ketahui adalah kota nomor dua terbesar di Indonesia dengan jumlah penduduk mencapai tiga juta jiwa. Surabaya sudah menjadi salah satu kota metropolitan yang berpengaruh dalam perdagangan dan ekonomi Indonesia. Ibu kota Provinsi Jawa Timur ini terbukti menjadi salah satu tempat perkembangan ekonomi daerah yang cukup pesat dan juga menjadi lahan ekspansi perusahaan-perusahaan raksasa di Indonesia. Begitupula dengan kemajuan usaha kecil menengah di Surabaya yang  memberikan sinyal positif. Salah satunya di bagian sektor industi rumahan dengan aneka jenis produk kerajian bernilai tinggi di tingkat nasional maupun internasional. Apa sajakah potensi industri kerajinan lain yang dapat tumbuh subur di Surabaya?

 

Salah satunya yang mulai sering disorot media adalah bisnis kerajinan Echeng Gondok. Tanaman gulma yang tumbuh di perairan tersebut ternyata bisa memiliki nilai ekonomis yang sangat besar. Produk kerajinan dengan bahan dasar echeng gondok sudah mulai mendapatkan tempat tersendiri di pasar; dan termasuk populer baik di pasar lokal maupun internasional. Para pengrajin Surabaya berhasil menciptakan banyak kreasi kerajinan yang menarik dari tanaman ini. Antara lain tikar, tas, sarung bantal, bahkan wallpaper. Jika diwadahi dengan UKM yang memiliki manajemen baik, kerajinan Echeng Gondok ini bisa menjadi lebih maju.

 

Selain itu kalau bicara tentang Surabaya dan apa yang menjadi khas dari kota pahlawan itu sebagian dari kita mungkin teringat batik mangrove. Batik cantik ini mulai dipatenkan oleh para pengrajin di kecamatan Rungkut, Surabaya dan memiliki keindahan yang menawan. Indonesia terdiri dari berbagai macam suku dan ras, setiapnya memiliki corak batiknya sendiri-sendiri yang memberi kekhasan khusus. Begitu pula dengan batik mangrove, yang didominasi motif bunga-bunga, daun mangrove dan juga untaian buah. Tidak lupa hewan-hewan yang merupakan kekayaan laut seperti kepiting, ikan dan udang yang ikut mewarnai keindahan batik tersebut. Ini menjadi peluang bisnis juga untuk dikembangkan dalam usaha kecil dan menengah.

 

Leave a Reply


× 2 = 18