SUMUR RESAPAN MENCEGAH BANJIR

Posted by on Feb 6, 2013 in Artikel | 0 comments

SUMUR RESAPAN MENCEGAH BANJIR

SUMUR RESAPAN MENCEGAH BANJIR

SUMUR RESAPAN MENCEGAH BANJIR

SUMUR RESAPAN MENCEGAH BANJIR

sumur resapan Banjir yang menjadi musibah langganan sungguh menyusahkan warga Jakarta. Sebagai gambaran limbah domestik masyarakat Ciliwung saja sama dengan tiga ekor gajah dewasa setiap harinya. Jumlah kebutuhan air DKI Jakarta adalah 2 milyar liter/hari sementara jumlah persediaan air hujan 2,7 milyar liter/hari. Sehingga terdapat kelebihan air 700 juta liter/hari. Untuk menangani surplus air tersebut maka diperlukan adanya teknik water harvesting atau disebut juga peresapan buatan.

 

Teknik-teknik peresapan buatan:

  1. Waduk resapan
  2. Sumur resapan dangkal. Sumur ini sangat mudah diterapkandan juga murah. Selain itu sudah memilik SNI dan efektif diterapkan pada lahan kurang dari 500 meter persegi. Sumur resapan di bagian utara Jakarta mungkin kurang efektif, karena kondisi hidrogeologinya adalah batuan kuarter yang memilik ciri didominasi pasir, daya serap air tinggi.
  3. Sumur resapan dalam.  Sumur resapan dalam harus menggunakan injeksi.
  4. Penyimpanan air bawah tanah atau underground reservoir baik untuk diterapkan di batuan keras, cocok untuk daerah Jakarta Selatan.

 

Setiap bangunan harus membuat sumur resapan dan itu diatur dalam Izin Mendirikan Bangunan. Water harvesting, intinya agar air hujan tidak cepat terbuang, tapi dapat dimasukan kembali ke dalam tanah dan dijadikan cadangan air. Keterbatasan implementasi sumur resapan di daerah kumuh adalah biaya dan ketersediaan lahan. BPPT telah mengembangkan sumur resapan dengan biaya 150rb.

 

Apa aksi yang harus dilakukan? Bisa dengan membuat sumur resapan di halaman rumah atau kantor dan hidup ramah lingkungan. Karena sebagian air banjir ini merupakan air limpahan yang tidak terserap dan tersalurkan dengan baik. Maka ketika saluran air hujan mampet jangan kaget jika banjir lagi. Untuk sumur resapan, bisa diterapkan di suatu bangunan (rumah, kantor, mall) dengan penampung air hujan dan digunakan untuk internal. Sekarang sedang trend roof garden sebagai penampung air. Air yang terkumpul diolah dan digunakan kembali untuk kebutuhan mandiri. Mari kita buat area resapan dengan teknik yang paling memudahkan, yaitu ketika membangun rumah pilihkan cornblok saja daripada cor beton.

 

Leave a Reply


2 + 8 =