TIPS MEMILIH PROVIDER INTERNET GSM ATAU CDMA

Posted by on Jan 30, 2013 in Artikel | 0 comments

TIPS MEMILIH PROVIDER INTERNET GSM ATAU CDMA

TIPS MEMILIH PROVIDER INTERNET GSM ATAU CDMA

TIPS MEMILIH PROVIDER INTERNET GSM ATAU CDMA

TIPS MEMILIH PROVIDER INTERNET GSM ATAU CDMA

Di masa sekarang penggunaan kartu provider telepon kita sudah mulai bergeser; kalau dulu kita hanya mengenalnya untuk jasa telepon dan smsan, sekarang kita mulai banyak mengutamakan internet service dari berbagai provider yang ada di Indonesia. Masalahnya memilih kartu provider internet baik GSM atau CDMA tidak semudah yang kita kira. Jika yang dicari promo gratis telepon dan sms mungkin iklan-iklan di televisi saja sudah bisa membantu kita memilih, tapi bagaimana dengan sinyal internet. Tidak ada yang menjamin provider A benar-benar bagus dan bisa memberikan kita sinyal HSDPA di tempat kita akan memakainya.

 

Ada beberapa langkah yang bisa dicoba. Pertama jika belum memiliki modem, mungkin bisa coba meminjam dari teman dan bawalah untuk di pakai di tempat yang nantinya akan anda gunakan buat berinternetan. Lakukan scan manual dari modem guna mengetahui jaringan apa saja yang terdapat di wilayah tersebut. Sekedar mengandalkan jaringan handphone yang sinyalnya penuh saja tidak bisa menjadi jaminan sinyal internet provider tersebut juga bagus. Bisa jadi modem anda tidak mendapatkan sinyal karena memang frekuensi sinyal handphone dan modem berbeda.

 

Jika sudah terpampang dari hasil scan manual tadi, jarigan provider apa saja yang bisa ditangkap oleh modem di wilayah tersebut, tinggal pilih saja mau menggunakan jasa provider mana. Yang patut menjadi pilihan adalah provider yang jaringannya mencapai 3G. Jika sudah pilih yang sinyalnya paling kencang di wilayah tersebut pertimbangkan juga service yang ditawarkan kartu tersebut, paket-paketnya, tarif dan bonus dan lain sebagainya. Sesuaikan dengan kebutuhan kita sebagai kostumer, jangan sekedar pasang saja tapi tidak tepat guna.

 

Ketika sudah ditentukan providernya alangkah baiknya jika anda melakukan modifikasi pada konfigurasi modem anda dengan memilih Option > Network > Network Type. Ini dilakukan agar sinyal yang nantinya ditangkap modem hanyalah sinyal WCDMA saja, tidak berubah-ubah menjadi EDGE atau malah GPRS. Mudah bukan? Dalam memilih provider internet memang tidak bisa sekedar mengandalkan rayuan iklan dan tampilan sinyal handphone yang penuh. Selamat mencoba provider.

Leave a Reply


7 − 1 =